PIKSALAT SMAKENPA GURIH RENYAH DAN MANIS





Di SMKN 1 Pakem, pembelajaran Produk Kreatif  dan Kewirausahaan (PKK) disinergikan dengan kompetensi Kewirausahaan. Kreativitas dan  keterampilan siswa dalam menghasilkan produk pengolahan sudah dilatihkan disekolah. Kewirausahaan merupakan kemampuan yang sangat penting dimiliki siswa untuk dapat berperan di masa depan.

 

Menurut Abdul Azis,SE selaku Guru Pengajar Mata Pelajaran Produk Kreatif  dan Kewirausahaan, PIKSALAT (Kripik Pisang Coklat) merupakan hasil karya siswa kelas 12 SMKN 1 Pakem Bondowoso. Adapun bahan dasar pembuatan PIKSALAT yaitu buah pisang setengah matang, minyak goreng dan bubuk coklat serta gula halus. Setelah itu buah pisang diiris tipis kemudian direndam dengan air garam atau air kapur sirih. Kemudian ditiriskan lalu digoreng sampai krispi. Setelah matang, lalu ditiriskan dan dicampur dengan Bubuk Coklat dan Gula Halus, Setelah dingin baru dikemas dan PIKSALAT siap dipasarkan.

 

Senada dengan guru pengajar PKK, Sofyan Sauri,S.Pd.,M.Pd Selaku Kepala Sekolah mengatakan bahwa mata pelajaran produk kreatif dan kewirausahaan merupakan mata pelajaran yang membahasa tentang bagaimana membuat sebuah produk ataupun menjadikan  barang memiliki nilai jual secara luas di lingkungan di masyarakat. Saya percaya Produk PIKSALAT akan diterima oleh masyarakat.






1 komentar: