BERGERAK DAN BERDAMPAK melalui Workshop peningkatan Kompetensi GTK SMKN 1 Pakem


 


Bondowoso, 11 Juli 2024 - Semangat juang para Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) SMKN 1 Pakem terpacu setelah mengikuti workshop bertema "Peningkatan Kompetensi Guru melalui pemanfaatan PMM dan Perencanaan Berbasis Data". Acara yang berlangsung selama 3 hari, dari tanggal 10 hingga 12 Juli 2024 ini, membawa GTK SMKN 1 Pakem ke level tertinggi dalam pengembangan diri dan profesionalisme.

Workshop ini dipandu dengan penuh semangat oleh Ibu Nur Farida, S.Pd., M.Pd selaku Wakil Kepala Kurikulum SMKN 1 Pakem. Sambutan pertama disampaikan oleh Bapak Kepala Sekolah SMKN 1 Pakem, Sofyan Sauri, S.Pd.,M.Pd., beliau menekankan pentingnya nilai-nilai kesadaran dan kewajiban sebagai seorang pendidik. Beliau menambahkan bahwasannya mendidik murid dengan sepenuh hati seperti yang disampaikan oleh Ki Hajar Dewantara bahwa tugas pendidik adalah menuntun segala kekuatan kodrat anak untuk mencapai kebahagiaan dan keselamatan setinggi-tingginya baik sebagai individu ataupun sebagai anggota masyarakat.

Kegiatan workshop ini terbagi menjadi 3 hari dengan materi yang padat dan bermanfaat. Hari pertama diisi dengan materi pengelolaan kinerja dengan melengkapi Rencana Hasil Kerja (RHK) periode dua Juli-Desember 2024.



Memasuki hari kedua, para peserta disuguhkan materi Pemanfaatan PMM dan Perencanaan Berbasis Data (PBD) yang disampaikan oleh Bapak Arif Wahyudi, S.Pd., selaku pengawas pendamping SMKN 1 Pakem. Narasumber menjelaskan secara komprehensif tentang definisi, tujuan, dan pengelolaan sekolah yang baik untuk mewujudkan sekolah yang dicita-citakan. 

Lebih dalam, Bapak Arif Wahyudi memaparkan tentang pembelajaran berbasis dunia kerja yang berpusat pada murid, pendidik yang reflektif, budaya belajar dan kolaboratif, iklim sekolah yang aman dan inklusif, kepemimpinan untuk perbaikan layanan, serta 4 tahap siklus pelayanan sekolah secara berkelanjutan: identifikasi, refleksi, pembenahan perencanaan, dan pembenahan implementasi.

Tak hanya itu, workshop ini juga membahas tentang rapor pendidikan yang meliputi kemampuan literasi, numerasi, karakter, iklim keamanan satuan pendidikan, iklim kebinekaan, kualitas pembelajaran, penyerapan lulusan SMK, dan keselarasan dengan kebutuhan dunia kerja.

Para peserta workshop terlihat antusias dan aktif dalam mengikuti sesi tanya jawab. Mereka juga mendapatkan kesempatan untuk saling bertukar ide dan pengalaman dalam menerapkan PMM dan PBD di sekolah masing-masing. 



Workshop ini diharapkan dapat meningkatkan kompetensi GTK SMKN 1 Pakem dalam mengelola pembelajaran dan meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah. Dengan demikian, SMKN 1 Pakem dapat terus berkembang dan menjadi sekolah yang unggul dan berprestasi.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar